Kamis, 12 November 2015

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Bernapas
           Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen dari lingkungan dan pengeluaran karbondioksida       serta uap air kembali ke lingkungan . oksigen pernapasan diperlukan untuk pembakaran atau oksidasi zat-     zat makanan agar diperoleh energi.
2. Bergerak
           Ada 2 macam gerak pada makhluk hidup , yaitu gerak pindah tempat dan gerak tidak pindah tempat.     manusia dan hewan pada umumnya dapat berpindah tempat . tumbuhan tidak dapat berpindah tempat ,         tetapi menggerakkan sebagian tubuhnya.
3. Memerlukan makanan
            Makhluk hidup perlu makan agar memperoleh energi untuk beraktivitas. makanan juga digunakan          untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. tumbuhan hijau mampu membuat makanan sendiri        (autotrof) , sedangkan manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri.
4. Tumbuh dan Perkembangan
            Tumbuh adalah perubahan pada makhluk hidup yang berupa pertambahan volume , massa , tinggi.          adapun perkembangan adalah perubahan pada makhluk hidup menuju kedewasaan secara seksual yang        diawali dari perkembangan zigot.
5. Berkembangbiak
            Perkembangbiakan merupakan mekanisme untuk menghasilkan keturunan / melestarikan jenis agar       tidak punah . perkembangbiakan hewan dan tumbuhan dapat terjadi secara aseksual (generatif) dan               secara aseksual (vegetatif).
6. Peka Terhadap Rangsang
            makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya . alat pengenal lingkungan pada         manusia dan hewan berupa alat indera. alat indra peka terhadap rangsang , baik berupa sentuhan , cahaya     , rasa dan suara.
7. Mengeluarkan Zat sisa
            Zat sisa merupakan zat yang tidak terserap atau tidak digunakan lagi oleh tubuh. zat sisa harus dikeluarkan dari dalam tubuh karena jika zat tersebut tertimbun dapat meracuni tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar