Kamis, 12 November 2015

10 Cara Sederhana membahagiakan Kedua Orangtua

10.  Hargai prinsip yang dianut orang tua 

Setiap orang tua pasti memiliki prinsip, nilai-nilai, dan jalan hidup yang mereka anut.  Prinsip tersebut bisa dalam hal berhubungan dengan orang lain, beragama, berbisnis, belajar, atau bekerja.  Orang tua tersebut pasti merasa yakin bahwa prinsip tersebut benar, bisa membawa ke arah kehidupan yang lebih baik, dan ingin anaknya ikut menganutnya.

Jika anda bisa mengikuti dan menerapkan prinsip-prinsip yang diajarkan oleh orang tua, maka hal itu sangat bagus.  Namun jika anda tidak setuju dan tidak bisa menganutnya, maka setidaknya hargai.  Jangan menyerang secara terang-terangan prinsip yang dianut oleh orang tua, karena hal itu bisa melukai hati mereka sangat dalam.  Jika tidak setuju, cukup diam, jalani apa yang anda yakini, dan cobalah hindari percakapan tentang hal ini di depan orang tua.



9.  Lakukan sesuatu tanpa diminta


Sewaktu kecil, tentu kita masih ingat bagaimana ayah dan ibu menyuruh kita untuk melakukan berbagai hal, mulai dari belajar, membantu orang tua, dan hal-hal yang berhubungan dengan orang lain.  Terkadang, kita merasa kesal menjalankan perintah-perintah tersebut.  Baru setelah dewasa, mungkin kita merasa bersyukur dan berterimakasih atas berbagai "suruhan" orang tua kita semasa kecil.

Satu hal yang membuat orang tua merasa lega dan bahagia adalah apabila kita melakukan tugas-tugas kita tanpa diperintah.  Jangan salah, orang tua juga terkadang merasa sedih saat menyuruh anaknya melakukan hal-hal yang tidak disukainya.  Namun demi kebaikan sang anak sendiri, para orangtua tersebut rela menahan rasa pedih di hati.



8.  Patuh

Sikap ini terdengar mudah, namun tidak semudah yang diperkirakan.  Tak perlu berbagai hal besar untuk membuat orang tua kita bahagia.  Kita cukup patuh terhadap aturan-aturan serta nasihat yang sudah mereka berikan.  Setiap kali anda hendak membantah perintah orang tua, cobalah pikirkan terlebih dahulu masak-masak, karena orang tua selalu mengingikan hal yang terbaik bagi anaknya di balik setiap perintah dan anjurannya.

Patuh kepada orang tua juga sebenarnya menyelamatkan diri anda sendiri, walaupun terkadang sangat tidak menyenangkan untuk menjalaninya.  Sikap patuh juga membuat hati orang tua kita menjadi lebih tenang dan tidak dihantui perasaan khawatir.



7.  Berterimakasih


Satu lagi hal kecil yang mudah untuk dilakukan namun kerap terlupakan.  Memang, sebesar apapun perbuatan kita untuk berterimakasih kepada orang tua, hal ini tidak akan bisa membalas kasih sayang yang sudah mereka limpahkan sejak kita masih kecil.  Oleh karena itu, hal yang paling penting dalam berterimakasih adalah ketulusan dan rasa kasih sayang.

Rasa terimakasih bisa ditunjukkan dengan cara memberi ucapan selamat saat mereka berulang tahun, melakukan berbagai hal untuk membantu mereka, atau secara sederhana saja, cukup ucapkan "terima kasih" setiap kali anda teringat akan jasa-jasa kedua orang tua.



6.  Jangan berbohong pada mereka

Orang tua sangat memahami anaknya, dan bahkan ketika sang anak berbohong, mereka dengan mudah mengetahuinya.  Terkadang karena tidak ingin membuat sang anak sakit hati, mereka berpura-pura tidak tahu bahwa kita sedang berbohong.  Tentu saja, hal ini membuat orang tua tersakiti hatinya sekaligus menjadi sangat khawatir.

Oleh karena itu, jangan berbohong kepada orang tua.  Usahakan untuk selalu jujur, karena walaupun menyakitkan, kejujuran tidak akan lebih sakit daripada perasaan dibohongi oleh anak sendiri.  Yakinlah bahwa orang tua selalu memahami dan memaklumi setiap tindakan anda.



5.  Hibur orang tua anda


Walaupun terkesan tegar dan kuat, kita harus sadar bahwa orang tua adalah manusia biasa.  Terkadang mereka melalui masa-masa sulit yang membuat hati mereka sedih.  Hanya karena tak ingin anaknya merasa khawatir, para orang tua memilih untuk menyembunyikan kesedihan mereka.  Nah, inilah hal yang harus kita sadari sebagai seorang anak yang baik.

Jika anda melihat tanda-tanda orang tua sedang bersedih, jangan ragu untuk menghiburnya.  Ajak mereka bicara, dengarkan keluh-kesahnya, genggam tangannya, dan peluklah orang tua anda.  Tindakan yang sepintas remeh ini sangat berarti bagi orang tua anda, dan membuatnya lebih semangat dalam menjalani kehidupan.



4.  Dengarkan nasihat mereka

Sudah sewajarnya apabila ayah dan ibu kita ingin didengarkan.  Tak jarang kita merasa jengkel dengan berbagai nasihat yang mereka katakan berulang-ulang, atau berbagai petuah tentang hidup yang diceritakan berkali-kali.  Cobalah untuk menahan rasa kesal dan jengkel di dalam hati, karena sebenarnya di balik setiap nasihat tersebut tersimpan doa dan harapan orang tua pada anaknya.

Tak ada tujuan lain dari orang tua ketika memberikan nasihat selain untuk membuat anaknya menjadi orang yang lebih baik.  Walaupun saat ini terasa sedikit menyebalkan, mungkin suatu saat di masa depan, anda akan sangat merindukan nasihat-nasihat dari ayah dan ibu.



3.  Ingat tentang keberadaan orang tua anda


Terutama jika anda sudah memiliki kehidupan sendiri dan keluar dari rumah orang tua, jangalah sekali-kali melupakan mereka.  Cobalah untuk menelepon dan memberikan kabar secara rutin, sehingga orang tua merasa tenang, tidak khawatir, dan merasa diperhatikan.  Luangkan pula waktu-waktu tertentu untuk bertemu dan menjenguk kedua orang tua anda.

Telepon singkat, atau bahkan pesan untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada orang tua bisa menjadi sangat berkesan bagi mereka; terutama jika anda sedang jauh dari rumah.  Tunjukkanlah pada orang tua bahwa anda masih dan selalu mengaggap mereka sebagai orang yang penting di dalam hidup.



2.  Jadilah orang sukses

Tak ada yang lebih diinginkan oleh kedua orang tua anda selain melihat anaknya menjadi orang yang sukses dan berhasil dalam hidupnya.  Sukses bisa berarti dalam hal pendidikan, karir, kehidupan rumah tangga, maupun kehidupan spiritual/ agama.  Oleh karena itu, berusahalah untuk meraih prestasi semaksimal mungkin di setiap bidang yang anda jalani, untuk kebahagiaan orang tua, dan untuk kehidupan anda sendiri.

Beberapa waktu yang lalu kami menerbitkan artikel tentang "10 Tips Menjadi Orang Sukses" yang bisa berguna bagi anda untuk meraih hal ini.  Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai membuat orang tua merasa bersedih dalam usaha anda meraih kesuksesan.



1.  Jadilah orang yang baik


Apa yang lebih diharapkan oleh orang tua selain melihat anda menjadi orang yang sukses?  Jawabannya adalah melihat anda menjadi orang yang baik.  Yang dimaksud "baik" dalam hal ini adalah individu yang bisa berguna bagi masyarakat, taat terhadap berbagai peraturan, norma sosial, maupun aturan agama.  "Baik" juga bisa berarti jauh dari hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun masyarakat, misalkan jauh dari kriminalitas, narkoba, korupsi, dan berbagai hal buruk lainnya.

Orang tua akan merasa sangat bahagia apabila anak yang dibesarkannya mampu menjadi orang baik-baik.  Mereka bisa hidup tenang apabila sudah yakin bahwa anaknya mampu merawat dirinya sendiri.  Oleh karena itu, setiap kali anda tergoda untuk melakukan hal-hal buruk, ingatlah sosok kedua orang tua.  Ingatlah kasih sayang dan pengorbanan yang sudah mereka berikan untuk membesarkan anda, dengan harapan anda mampu menjadi orang yang baik dan berguna bagi sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar